about playing foursquare and collecting badges

Standard

Sepertinya saya harus share kesini…saya harus menuliskan apa yg ada dikepala saya sblm saya mulai merasa tdk bs tidur hnya krn tidak menuangkan pemikiran saya ini

Para pengguna  saat ini, tampaknya mulai demam dgn penggunaan aplikasi foursquare. Apa itu foursquare? Semacam aplikasi yg disertai GPS utk menandai lokasi kita berada yg kemudian dpt dishare kepada tmn2 sesama pengguna foursquare atau jg dpt dishare melalu akun facebook atau twitter kita.

Setiap kita check in lokasi dgn foursquare,biasanya kita akan mendapat sebuah BADGE sbg reward kita menggunakan aplikasi tersebut.

Awalnya saya sedikit iri dgn teman2 yg memiliki badge byk,apalg jika badge itu unik dan tdk umum di indonesia. Saya berfikir bhwa mrk sungguh benar keluar negeri dan mendapat badge tersebut (*lihat badge brooklyn 4 life)

Setelah saya menelusuri, ternyata ada suatu cara unik utk mendapatkan badge2 tersebut tanpa harus keluar negeri utk check in disana.

Yeay,people call it “jump”
Dan org2 yg melakukannya disebut “jumper”

Dari temuan saya, ternyata badge tersebut merupakan milik branded2 ternama di luar negeri.
Jujur saja,indonesia hnya diberi branded standar dr pihak foursquare.
Sementara,di america terdapat berbagai mcm branded,spt bravo,mtv,bonaroo,TLC,ZAGAT,metro news,Louise Vuitton, the real housewifes, valentine’s day movie, translink, people magazine,lucky magazine, museum, bahkan universitas-universitas ternama spt Stanford,Harvard,Arizona State University.

Kemudian saya berfikir, mengapa di indonesia tidak ada badge trans tv,kompas,jawa pos, cosmopolitan magazine,inul vista, XXI badge atau universitas indonesia badge.

Saya rasa itu dikarenakan branded tersebut membayar kontrak atau menyeponsori pihak foursquare utk menghasilkan sbuah badge utk branded mrk.

Melihat syarat2 utk membuka sebuah badge, misalnya : utk mendapatkan badge “playground”,saya harus melakukan check in di 10 tmpt bertemakan playground. Atau utk mendapatkan badge “gym rat” saya harus check ke 10 tmpt bertemakan gym.

Dalam psikologi, hal tersebut semacam token ekonomi. Dimana saya harus melakukan sejumlah langkah2 yg dpt ditukar dengan sebuah GIFT yaitu badge.

Ketika saya membuka page site branded2 yg memiliki badge diluar negeri tersebut, ternyata page site mrk memiliki venue2 tertentu yg apabila kita mengikuti venue tersebut dgn setia,kemungkinan besar kita akan mendapat hadiah berupa badge.

Sehingga selain gift, badge jg dpt berupa tanda kesetiaan. Khususnya setia sbg konsumer branded tsb.

Saya tdk tau persis,apakah branded tsb bnr2 membayar pihak foursquare atau tdk. Tp menurut saya, venue2 yg dimuat didalam branded trsbt memiliki unsur promosi.
anda tau sendiri kan fungsi dr sebuah promosi?

Dengan adanya sistem jump itu,
Pd akhirnya kita tdk perlu mengeluarkan uang byk demi mengoleksi badge tersebut. Kita jg mudah mendapatkan badge tersebut tnpa harus check in yg sesungguhnya.

Bagaimana jika, badge tersebut berkaitan dengan produksi,promosi,dan laba ? Bagaimana jika ukuran badge yg ter unlock seharusnya menggambarkan suatu keuntungan bagi pihak tertentu ?

Ada berapa juta jumper diseluruh dunia?
Bagaimana jika meng unlock badge secara ilegal menimbulkan kerugian suatu pihak tertentu?
Akankah kerugian tersebut akan menyebabkan kerugian yg lain??
Mari kita sedikit berfikir kritis akan hal ini…

Kebanyakan jumper menyebut foursquare is just a game. Apakah benar demikian?

Leave a Reply

