marketing foursquare ikut milis ?

Standard

Kemungkinan semakin banyaknya jumper dan laporan badges yg terunlock,menjadikan pihak foursquare tertarik dgn penyebab hal tsb.

Saya tdk tau awalnya bagaimana,tapi suddenly marketing foursquare mewawancarai salah satu moderator dari milis jumper trsbt. Tdk hanya itu saja, orang marketing trsbt memberanikan diri utk masuk kedalam milis

Saya tdk tau persis apa motivasi dr org marketing tsb. Tp mrk mengatakan,mrk curious mengapa jumper senang skali berburu badge. Apa motivasi jumper berburu badge. Dan bgmn cr jumper dpt mengetahui cr unlock sebuah badge. Bahkan menjadikannya pola tetap utk membuka suatu badge.

Saya juga sempat mendengar bahwa ada jumper lain yg berasal dr luar indonesia, yg juga sempat ditanya oleh org marketing trsb.

Disini saya hanya mencoba menuangkan analisa saya,yg bs saja salah atau bahkan bisa benar

Jika orang marketing tersebut curious dgn motivasi jumper mencari badge, apakah salah jika kita sebagai jumper juga curious trhdp motivasi mrk meneliti ttg kita?
Saya rasa, jika hanya utk mencari motif dasar mengejar badge, saya cukup menggunakan metode kualitatif dengan interview random sampling atau snowball interview.
Sehingga saya mendapatkan data yg akurat mengenai motivasi mengejar badge

Tapi trnyata yg dilakukan pihak marketing tdk cukup hanya sekedar interview. Mrk melibatkan dirinya sebagai observasi partisipan dgn cara join ke dalam milis. Dengan kata lain.mrk mencari data sedetil detilnya. Jdi bukan hanya terbatas masalah motivasi semata

Awalnya hampir smua anggota jumper ragu utk mengikutsertakan pihak foursquare hnya krn takut akun jumper di flag atau sm spt di blokir. Sehingga badge yg para jumper kumpulkan menjadi sia2.
Jika saya yg menjadi pihak marketing jelas tidak akan memblokir para jumper,alasannya, krn saya bukan pihak IT saya hanya sekedar org marketing.
Alasan lain, saya tdk tahu jumlah jumper di dunia ini, jdi akan sangat melelahkan jika saya memblokir akun mereka satu2.

Tujuan melakukan sebuah penelitian adalah utk memahami suatu fenomena dan kemudian menindak lanjuti fenomena tersebut. Dan jika fenomena trsbt merugikan,dgn sangat otomatis kita akan mencari cara bagaimana mengatasi kerugian tsb.
Atau jika fenomena itu memberika dampak + maka akan bgmn cr utk mempertahankan ke positif an nya. Atau bhkan menambah + nya.

Pihak marketing bertugas utk mempromosikan atau bgmn cr nya meningkatkan keuntungan yg diperoleh suatu perusahaan.

Saya pribadi tdk peduli jikalau pada akhirnya saya tdk dpt melakukan jump lg ataupun tdk dpt mengoleksi badge dgn cara instan. Foursquare bukan game bagi saya,tapi sbuah ciptaan dari pengetahuan manusia. Dan mendapatkan ilmu lebih utk memahami pengoperasian dari aplikasi tersebut itulah yg berharga buat saya.
Saya belajar, yg awalnya saya tdk tau,kemudian saya menjadi tau
Yang awalnya saya menganggap tmn saya bnr2 check in utk mendapatkan badge unik2 itu, trnyata sayapun bisa.

Saya hanya manusia biasa dengan pemikiran yg luar biasa.
Saya harap apa yg saya tuangkan mampu mengasah konsep berfikir kritis tetapi bukan berarti skeptis

Cogito, Ergo sum
🙂

*akhirnya saya bs tdr juga

Leave a Reply

