Sholat Ied berjamaah di Indonesia

Standard

Pengalaman sholat di Madinah dan Mekkah benar2 membuat saya sedikit terkejut dengan budaya ketika orang di Indonesia melakukan sholat.

Dalam hal ini yg membuat saya sedikit terkejut adalah masalah Jarak Saff ketika kita sholat.

Dimadinah dan mekkah, ketika sholat dimulai, jarak saff ketika kita sholat sangatlah dekat. Bahkan jari kelingking kita bisa saling bersentuhan dengan orang disamping kanan dan kiri kita. Tidak peduli mereka dari negara mana. Saff tersebut rapat memang karena dirapatkan, bukan karena jumlah manusia yg byk.

Saya pribadi senang, ketika sholat, saff benar2 rapat sehingga tidak ada celah untuk singgahnya Setan diantara kita sholat (ajaran seperti itulah yg saya dapat ketika saya masih duduk di bangku SMP)

Terakhir saya sholat di Ied berjamaah di salah satu mesjid “terbagus” di Jakarta. Dan….saya menemukan banyak sekali, para jemaah yg tidak peduli dengan saff mereka.

salah satunya ada perempuan yg berada didepan saya. Awalnya saya berfikir bahwa ketika sholat, ia akan merapatkan saff nya. Ternyata hingga sholat selesai, seperti itulah adanya saff mereka.

Apakah amal sholat berjamaan mereka dihitung spt sholat berjamaah satu mesjid ? saya juga tidak tau untuk urusan itu.

Yang saya pikirkan adalah, mengapa mereka tidak peduli dengan saff tersebut, sementara Imam slalu mengingatkan untuk merapatkan dan meluruskan saff sebelum sholat di mulai.

Apakah mereka tidak pernah belajar? atau tidak pernah mendapat pendidikan ttg agama? ataukah mereka lupa dengan ajaran itu? ataukah mereka terlalu individual dan egois untuk merapat dengan orang sesamanya? Ataukah mereka tuli ketika imam mengingatkan?

Apakah motif mereka untuk tidak merapatkan saff ketika sholat ?

Saya tak habis pikir saja dengan budaya yg seperti itu😦

Meskipun kita tidak saling kenal, tetapi ketika sholat berjamaah, siapapun yg berada di samping kita adalah saudara kita. Kita sama di mata Allah. Kita juga sama2 hendak beribadah kepada Nya. Tapi mengapa masih byk orang yg tidak mau merapatkan saff nya ketika sholat?

Leave a Reply

