Costumizing Gifts

Standard

Cuman pengen share….

ngomong-ngomong tentang ngasih hadiah khusus dan buatan sendiri, aku paling doyan yg satu ini.
Terutama buat ngasih orang tua. Karena sebenarnya orangtua itu bisa beli apa aja buat diri mereka sndiri. Tapi berbeda jika kita memberikan hadiah khusus yg kita pesan dengan sendiri nya.
Jarang sekali atau hampir tidak ada orang yg memesan sesuatu hadiah utk dirinya sndiri, misalnya menyablon foto mereka sndiri di kaos, dll.

Setiap 1 thn sekali, aku berusaha mencari suatu hadiah yg bisa di pesan atau di costumize semau kita. Jadi, akan terasa berbeda. Dan yg namanya ide, paling susah di cari, ditambah dmn kt harus mencari tmpt yg bisa menuangkan ide kita kedalam bentuk yang nyata.

Bertahun-tahun lamanya aku ngasih kado ke orangtuaku yg berbeda dan harus dipesan sendiri yg bikin aku kadang lupa apa aja yg dah aku kasih ke mereka🙂
ini diluar kado “menjadi anak yg baik dan berbakti” lho yaa

Ada beberapa ide yg mau aku share atau kado yg sdh pernah aku buat

1. Kartu berisi foto ayah mulai dari jaman muda sampai beliau sekarang. Foto-fotonya aku scan, kemudian aku bentuk sebagai kartu mirip buku.
2. Jam dinding yg bisa di pesan. Jam dinding yg aku pesan terbuat dari keramik. mirip keramik lantai. Isinya pasti ada foto nya. Tapi sebelumnya aku buat desain foto nya yg berbeda. misalnya dengan menggunakan family tree. jadi ngga cuman foto doank gitu. Ngga ada seni nya. Kalo ini aku pesannya di Kedai Digital* (*bukan promosi, tapi cuman kasih ide daripada bingung nyarinya) hihihihi

3. Piala yang bertuliskan ” Ayah paling sabar sedunia” atau ” Ibu paling baik sedunia”. Piala-piala ini bisa di pesan di tukang piala atau plakat. biasanya juga barengan dengan cetak sablon kartu nama, dll. Harganya sekitar 75.000 keatas

4. Sepasang sarung bantal dan guling yg disablon dengan kertas transfer. Transfer papernya bisa di beli di toko2 komputer, atau di online shop. Atau bisa juga di toko buku Paper Clip. Jdi bisa di print sendiri dan di tempel sendiri. Atau klo ngga mau susah, bisa cari tempat sablon kaos atau sablon kain. Mereka punya alat bagus utk itu.
Kalo di jakarta, di plaza semanggi lantai 3, dekat pintu masuk ke Centro.Hrgnya sekitar 40.000 utk ukuran A4

5. Mug yg berisikan tulisan atau foto-foto. Yang terpenting, pandai-pandai nya kita berkreasi dengan desain yg akan di sablon di gelas atau di mana aja. Karena letak seni dan kreatif nya ada disitu. Klo cuman foto biasa, lagi-lagi aku bilang…itu mah biasa.
Klo di jakarta, tempatnya bisa di Plaza lantai 3, dekat pintu masuk ke Centro itu atau di Lantai dasar dekat Restaurant American Grill (dkt escalator). 1 Mug harganya antara 30.000-35.000

6. Karikatur. Aku paling suka kado in orang dengan gambar karikatur. Selain lucu, unik, dan juga berseni. Harganya bervariasi sekali. Dan biasanya di hitung per orang yg akan di gambar. Aku lebih suka pesan di seniman yg duduk di pinggiran jalan. Harganya bisa nego dan hasil nya bagus. Ada yang 75.000 per orang, ada yg 150.ooo per orang. Itu belum termasuk frame nya. Klo dengan frame bisa tanya langsung orangnya. hehehehe.
Dulu aku buatnya di surabaya, di depan Tunjungan Plaza itu ada gedung tua. biasanya mereka disitu. Tapi akhir-akhir ini aku sudah ngga tau mrk pindah ke mana😦
Klo di jakarta, aku jg blm tau. tapi klo liat di salah satu situs penyedia jasa karikatur, mereka punya karikatur yg berwarna. Lebih keren dari pada yg cuman hitam putih. tapi harganya jg keren. 250.000 per orang. Nantinya akan dapat dalam bentuk file dan dalam bentuk gambar di kertas.

7. Bordir. Kado yg ini cukup simple. krn tukang bordir cukup mudah di dapat. Bordir bisa di mana aja. Bisa di seprei, bantal, handuk, baju, topi, dll. Harganya bervariasi, mulai dari 10.000-25.000.
Kalo di jakarta, lagi-lagi aku nemunya di plaza semanggi lantai dasar. dekat multiplus atau bank BNI.

8. Sertifikat ayah terbaik atau ibu terbaik. Ini mirip seperti piala. tapi dalam bentuk kertas khusus yg kemudian di bingkai. Kertasnya bisa kita tanda tangani atau kita tulisin sebelum di bingkai. Kado ini praktis. Kalau mau buat sendiri jg bisa. tinggal cari contoh desain. atau klo g mau repot bisa ke tempat pembuat sertifikat.
klo aku dulu, buatnya di Sutos Surabaya. Harga nya lumayan seingatku. Sekitar 60-80.000 an.

9. Graving* (* klo g salah namanya bgitu) . Lagi-lagi modelnya mirip penghargaan. Kayak award-award an gt lah. hehehehe. tapi ini di ukir di semacam kristal bening. Lumayan utk pajangan

10. Scrapbook. Bagi yg senang berkreasi atau punya banyak waktu. Bisa tuh buat diary atau scrapbook tentang orang tersebut. Seberapa banyak moment-moment yg kt punya dengan org itu. atau seberapa dekat kita dgn orang itu. Lumayan utk mengingatkan orang tersebut kalo mereka berharga berada di dekat kita.🙂

11. Sulaman kristik. Aku juga suka seni yg ini sebagai kado. Kita bisa beli kain kristik nya. kemudia beli benangnya. Lalu jahit sendiri nama orang itu. Lebih hebat lagi kalo bisa menyulam dengan bentuk wajah orang yg akan kita kasih kado. hihihihi keren. Bahan-bahannya mungkin bisa di cari di toko sulaman. tapi aku pernah lihat tokonya di Pondok Indah Mall 1 Lt. Dasar. Harganya pasti agak berbeda jika sudah di dalam mall.

12. Boneka bergambar wajah. Akhir-akhir ini, nemu beberapa penjual yg menjual boneka khusus yg nantinya di tempel in muka atau foto kita. harga boneka nya sekitar 35.000 an.

13. Clay. Clay bisa utk wedding party. tapi bisa juga utk kado atau hadiah. krn pada dasarnya bisa di buat semau kita. tinggal seberapa kreatifnya kita. Kado ini pastinya di pesan di ahli pembuat clay. atau lebih bagus lagi klo kita bisa buat sendiri.

14. Play doh. Sekarang ada yg jual play doh yg bs di kreasi spt yg kt mau. Bentuk nya bisa orang ataupun macam-macam. Tergantung pesanan. Harganya sekitar 300.000 an

15. Gelas Kreasi. Aku g tau namanya. tapi suka liat ada yg jual tinta timbul utk kertas atau kaca. Harga per tinta nya 3000 an. Nah barang-barang ini bisa di kreasi di gelas atau dimana saja. Tergantung selera. Ide ini spt kekanakan, tapi kalo kita kreatif bisa menjadi nilai seni yg ngga bisa didapatkan di mana aja. hehehehehe

Seperti nya masih byk ide lainnya. Semuanya tergantung kreasi kita. Semakin kreatif semakin bernilai kado yg kita berikan ke orang. Dan pasti nya tetap memiliki fungsi atau nilai guna.

Goodluck

One response »

Leave a Reply

