Seleksi masuk Pascasarjana

Standard

“Asal nyemplung”

Mungkin seperti itulah istilah ketika saya pertama kali mengisi formulir ujian pascasarjana di salah satu perguruan tinggi ternama di jakarta. Apalagi jika bukan Universitas Indonesia, dimana tercatat 39000 orang yang mendaftar utk gelombang dua tahun ajaran 2011-2012 (versi Trans TV).

Keinginan utk mendaftar kuliah di universitas itu rasanya seperti melihat kedalaman air, yang dari atas tampaknya dangkal.  Beratus-ratus uang yang habis untuk mendaftar itu sama seperti niat saya ketika akan melompat kedalam air, yang merupakan modal untuk mengawali sesuatu. Dan ketika sampai di hari ujian, ibaratnya seperti saya nyemplung kedalam air yang ternyata air itu tidak sedangkal yang saya lihat.
Jika hanya berbekal pengetahuan bahwa ujian TPA hanya sebatas bahasa indonesia, matematika dan kemudian bahasa inggris, maka hal itu tidak semudah kenyataannya. Ujian TPA terdiri dari 3 x 50 menit , 50 menit untuk perbagiaannya dan tidak diperbolehkan membuka bagian selanjutnya atau bagian sebelumnya.

Yang diujikan dalam bahasa indonesia adalah analogi bahasa yaitu menganalogikan hubungan seperti

Ekskavasi :: Keruk*

a. Reboisasi :: Hutan
b. Salinisasi :: garam
c. Karbonisasi :: air kapur
d. Ionisasi :: elektrolit
e. Purifikasi :: filter

(* kurang lebih spt itu yg saya ingat). Kemudian ada multiple choice dimana jika benar bernilai 1 dan salah bernilai -0.2.  Jadi berhati-hatilah dalam menjawab. Tidak akan semudah menebak begitu saja apalagi menghitung kancing baju anda. Dan saya menyarankan untuk tidak menjawab soal ketika anda ragu-ragu menjawab.

Kemudian untuk soal bahasa, anda akan bertemu dengan soal bacaan yang umumnya terdiri dari 3 bacaan. Menurut saya soal-soal ini hanya ditukar atau di putar balikkan dengan kode naskah soal. Sehingga anda yang berulang kali mengikuti ujian ini kemungkinan besar akan menemukan soal yang sama.Jadi jangan lupakan tema bacaan ujian anda sebelumnya begitu saja.

Bagian Kedua, adalah Matematika. Bagian ini tidak semata-mata model matematika yang aljabar atau sin cos tan atau bangun ruang. Tetapi lebih kearah logika. Soal yang paling mudah untuk saya ingat yaitu :

ax-b=ab, maka bx =

atau jenis lainnya

Jika harga kertas k per r rim. maka n rim berapa rupiah

atau

63²-31² = ?

Matematika disini lebih banyak menggunakan huruf sebagai simbol operasi matematika. yang juga ada soal cerita yang menurut saya cukup rumit. Satu-satunya cara jika buntu utk menjawab adalah TIDAK PERLU MENJAWAB. Anda harus benar-benar matang dalam operasi matematika dan cara pengerjaannya.

Bagian ketiga, adalah Logika, dimana ada soal cerita dan anda diharapkan dapat mencerna soal cerita tersebut kedalam bentuk bagan atau skema. Soal yang paling mudah biasanya berbentuk

5 orang yang hadir dalam konferensi yaitu A, B , C, D, E. A mampu berbahasa Indonesia, Malaysia, Jepang. B mampu berbahasa Hindia, Indonesia. C menguasai bahasa Malaysia dan Jepang, dst.

Perhatikan penggunaan kalimat Mampu dan Menguasai. Meskipun saya tidak tahu benar apakah itu mempengaruhi, tapi tidak ada salahnya cermat dalam memahami setiap kalimatnya, dikarenakan anda akan menemukan soal yang “menurut” anda memiliki jawaban lebih dari 1 sehingga bisa saja menjebak anda untuk menjadi tidak teliti dalam menjawab.

Didalam soal bagian tiga, biasanya bagan atau kolom sudah disediakan, sehingga anda hanya perlu mentransferkan kalimat soal kedalam bagan-bagan tersebut. Jika bagan anda benar, maka jawaban anda seterusnya akan benar, dan jika bagan anda salah satu salah, maka jawaban anda bisa saja seterusnya akan menjadi salah.

Setelah TPA, anda akan mendapat jeda istirahat sekitar 30 menit. Kemudian dilanjutkan B.Inggris yang terdiri dari 100 soal. 40 untuk soal structure dan written expression dan 60 soal untuk bacaan dalam waktu 90 menit. Soal b.inggris ini menurut saya cukup untuk kelas level advance krn penggunaan kalimat yang formal dan tidak biasa. Saya sarankan banyak lah belajar buku grammar favorit anda,  conjunction serta banyak-banyaklah membuka thesaurus atau semacam sinonim dari suatu kata. Ketika mengerjakan soal bacaan, pilihlah tema bacaan yang menurut anda paling mudah dulu, sehingga waktu anda akan lebih banyak tersisa untuk soal yang lebih sulit atau tidak begitu penting🙂

Yang terakhir dari saya, jangan lupa identitas anda serta hal-hal lain seperi kode naskah untuk dicek kembali, anda tentunya tidak mau kan ketika nilai anda lolos tapi karena no ujian salah menjadikan anda gagal. Atau kode naskah anda salah, yg menjadikan jawaban anda salah semua. Fatal akibatnya.

Jika anda tidak lulus dalam TPA dan B.Ingg, sebaiknya persiapkan untuk mendaftar di universitas lainnya. Jika anda tetap ingin di universitas ini, anda bisa mencoba lagi untuk mengikuti ujian seleksi gelombang selanjutnya. Yang kalau menurut saya harga formulir pendaftarannya tidaklah murah.

Saya hanya share karena saya telah mengikuti 3x ujian seleksi tersebut. Ketiga ujian tersebut saya ikuti dengan perasaan gembira. Yang pertama, saya mmg tidak lolos persis seperti ibarat nyemplung kedalam air dan tenggelam, tapi krn saya pulang dari umroh maka perasaan saya bahagia. Kedua, Ujian seleksi kedua saya merasa senang karena saya yakin saya akan diterima. Benar sekali saya lolos TPA, tapi kemudian saya ttp gugur di wawancara yang anehnya dari 21 nama yang lolos TPA tetapi ternyata ada 22 nama yg ikut wawancara. Sepertinya 1 nama tersebut turun dari langit yang merupakan titah dari Tuhan hahahahaha.  Jangan mudah menyerah jika orang yang mewawancara anda nampak “underestimate” terhadap anda krn latar belakang anda atau lulusan anda. Dan yang ketiga, Saya mengikuti seleksi dengan perasaan gembira karena saya diterima di universitas negeri lain yang lebih bagus untuk jurusan saya dan merupakan universitas impian saya.

Jadi pesan saya, banyak jalan menuju roma. Sukses tidak hanya dari lulusan perguruan tinggi ternama. Tuhan punya rencana sendiri-sendiri untuk kita, asalkan kita tidak putus asa dan tetap bersyukur.

***********Goodluck***********

Leave a Reply

