TIPS WEB CHECK IN LION AIR

Standard

Wah seneng banget sekarang kalo pesen tiket via lion air..maklum bbaru pertama kali beli tiket sendiri via web, biasanya aku pesen ke temen karena rasanya lebih praktis. Tapi kali ini via web lion air itu ternyata jauh lebih praktis dan mudah..

Mo sharing beberapa tips yang menurut aku bakal mempermudah  selama beli tiket di web lion air

Pertama :

Link nya http://www2.lionair.co.id/ ..kalo mo beli tiket check harga tiket malam hari sekitar jam 11 malam atau sekalian pagi jam 5 subuh, biasanya harga tiket relatif murah dan stabil..kalo sudah diatas jam 10 pagi biasanya harga tiket naik atau tiba-tiba tiket ludes begitu aja…
Pada saat kita pesan tiket, pembayaran bisa dilakukan melalui, atm bank, kartu kredit dan debit bca..

Waktu itu aku lebih milih atm karena banknya beragam..aku pilih BNI dengan menggunakan internet banking..sangat jauh-jauh lebih praktis. Limit pembayaran biasanya 3 jam setelah pemesanan tiket.

Cara pesan tiketnya tinggal mengikuti instruksi yang ada di web, mulai dari memasukkan nama identitas yang akan terbang, harga tiket, dsb.

Kedua :

Fasilitas web check in…

Aku baru pertama kalinya juga nyoba ini..kirain yang bisa check in via web cuman orang-orang yang punya passport lion alias member. Ternyata NGGA BANGET ..SEMUA orang bisa.

Check in dibuka 24 jam sebelum pesawat berangkat…INGAT YA 24 JAM sebelum jam keberangkatan pesawat. Kalo check in sebelum 24 jam, web akan terus bilang “maaf, penerbangan anda saat ini tidak ada” atau “Sorry, your  flight is unavailable this time” .
Kurang lebih dia bakal ngomongin itu terus hahahahahaha

Web check in di tutup 4 jam sebelum keberangkatan

Jadi kalo aku berangkat dengan pesawat jam 4 sore, jam 7 pagi aku pasti dah check in..begitu lah kira-kira…

Cara check in..

  1. Masuk ke “Web Check in” atau link https://secure2.lionair.co.id/LionWebCheckin/StartWebCheckIn.aspx
  2. Pilih menu “Start”/”mulai”
  3. Masukkan 6 huruf kode booking tiket misal YYHGJK dan nama depan atau nama belakang penumpang
  4. Ntr ada pilihan no penerbangan , nama, beserta jadwalnya. Dibawahnya ada pilihan “dewasa laki-laki”, “dewasa perempuan” dan anak-anak. Tinggal dipilih aja.
    Kalo ngga punya no passport lion ya kosongin aja
  5. Selanjutnya tinggal pilih seat alias tempat duduk…hihihihi seneng banget bagian ini..kayak milih seat ntn bioskop :p
  6. Kalo sudah pilih seat, ntar ada pilihan print check in tiket atau email. Tapi yang jelas, tiket ini harus udah di print sebelum masuk ke bandara

Web  check in akan lebih praktis kalo saja kita cuman membawa cabin alias ngga punya bagasi, soalnya kalo ada bagasi kita tetap harus ngantri ke counter untuk masukin bagasi lagi.. Jadi kalo punya bagasi harus tetap datang lebih awal buat masukin barang-barang biar ngga ketinggalan pesawat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan check in via web :

Web Check In tidak bisa dilakukan oleh penumpang yang mempunyai permintaan khusus dalam perjalanannya seperti:

Penumpang yang membawa bayi dan anak anak
Orang lanjut usia, orang sakit ataupun orang yang membutuhkan kursi roda.
Penumpang yang memiliki kondisi medis yang harus diketahui oleh pihak Lion Air, misalnya kurang pendengaran, rabun atau lainnya yang membutuhkan penjaga/pendamping selama perjalanan.
Penumpang yang membawa anjing (guide dogs)
Penumpang yang membawa senjata api.
Penumpang yang membawa tahanan/narapidana.

Kalo kita tidak termasuk salah satu dari poin diatas, maka kita dapat menikmati fasilitas Web Check In. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi Call Center Lion Air di 0804-1-77-88-99

Semoga bermanfaat yaaa….have a nice flight😉

80 responses »

  1. Kalau bawa bagasi harus ke counter check in lagi ya? Meskipun sudah web check in? Btw, thanks udh kasih tahu web check in min 24 jam sblm flight. Barusan bingung krn ada tulisan “Sorry, your flight is unavailable this time” .

    • iya sist, tapi biasanya tidak harus antri krn ada counter khusus check in bagasi, bilang aja ke petugasnya, sudah web check in dan ingin check in bagasi saja.

    • masukkan kode booking nya misalnya L0V33U dan nama belakang atau nama depan penumpangnya. Kmudian klik “next”. setelah memilih kursi , selanjutnya akan ada menu print.

      semoga membantu

  2. kalau di status saya “not available for web check in” itu gimana ya. semua no penerbangan dan adult female keluar. cuma no penerbangan tidak bisa di klik. apa karena beli tiket yg promo ya?

    • Check in dibuka 24 jam sebelum tanggal keberangkatan. Jadi kalo berangkat tgl 13 mei pukul 13.00. Maka web check in dibuka tgl 12 mei pukul 13.00.

    • mohon maaf, kalau wings saya belum pernah mencoba. tapi bisa di coba masukkan kode booking dan nama penumpangnya di website lion, rasanya (mungkin) bisa.. hehe

  3. kalau saya kendalanya, “tidak tersedia untuk we check in” tapi sudah dalam masa “24 jam” jadi saya akan berangkat besok jam 6 sore. berarti sekarang jam 7 malam, saya sudah bisa check in/ tp ternyata ga bisa. kenapa ya?

  4. Kalau Nama depannya ada beberapa kata contoh Dr Ali Syarif Hasan Msi pas di masukin nama belakang sama nama depannya tetap aja muncul “Sorry, your flight is unavailable this time” .

    • halo aisyah, kebetulan saya belum pernah memesan tiket dengan gelar. Jadi jikalau nama nya spt itu, kemungkinan melihat di tiket. Apakah ketika booking, input nama depannya “Ali” kemudian nama belakang “Syarif Hasan” atau “Ali Syarif” dan nama belakang “hasan”

      • kalau nama belakangnya Hasan Msi nanti di input dikolom nama belakang setelah kode booking apakah Hasan MSi atau Hasanmsi atau hanya Hasan / Msi

      • inshaAllah “Hasan Msi” seperti yg ada di tiket. Web ci buka 24 jam sblm jam keberangkatan. Mudah-mudahan bisa ya

  5. selamat hari raya idul fitri
    saya dr semarang,mau brangkat ke bangkok via jakarta
    nah masalahnya
    seumpama tiket saya tgl 11 okt pagi
    nah saya kan dr semarang tgl 10 okt naek kereta malam heheh
    lhah kalau udah web cekin ..ngeprint nya gmana ya..sedangkan yg bs saya lakukan cuma lewat android web cheikn nya saat perjalanan ke jakrta

    • Tdk masalah jika tidak bs di print. Ketika check in, akan ada boarding pass. Silahkan di save di android atau di email. Dan bs ditunjukkan di counter lion yg ada dibandara

  6. Jika saya diwilayah berbeda dengan orang yang mau saya check in kan. Dan saya yang membelikan tiket sehingga yang bersangkutan hanya memegang kode booking jadi jika saya cek in melalui web check in, apa bisa yang bersangkutan hanya kebandara membawa kode booking?

  7. Numpang tanya yah, kalau semisal saya udah booking 2 tiket.. Yg 1 d Kelas ekonomi n,dan satunya di kelas ekonomi s, apakah saat chek in bisa duduk bersama di 1 kelas misalnya di n atau di s? Thanks

  8. Mau Tanya, kok kalau Lion air tidak ada pilihan memilih tempat duduk yah ? nanti bagaimana tau tempat duduknya, dan apakah diacak ? karena saya membawa anak umur 2 tahun setengah, kalau diacak kan kasihan

      • Klo pemilihan seat nya ga muncul n sdh klik check in nya gmn? Di tampilan nya ga ad posisi t4 duduk ny..tp masih blom boording pass nih..ap bs ditambahin untuk posisi duduk nya?

  9. mau tanya nih ka :
    1.kalo saya sudah web chek in apakah barang yang ada ditas (bukan untuk ditaruh di bagasi,melainkan di kabin) diperiksa kembali ??
    2. kalo saya sudah web chek in apakah saya harus mengeprint etiket yang diberikan oleh agen resmi tsb ?? kalo iya berarti saya membawa 2 cetakan ya ka ? yang pertama hasil print etiket dan kedua hasil print boarding pass nya ?

    saya berangkat tanggal 29 januari nih ka mohon pencerahanya🙂

    • barang akan tetap melewati mesin xray. kecuali ukurannya bukan ukuran kabin, biasanya akan diminta untuk melapor di counter lagi.
      Kalo udah web check in tinggal bawa print boarding pass aja.

      • Biasanya kan kalo chek in manual di bandara barang yang akan dimasukin ke kabin juga ditimbang kan ? Kalo web chek in gimana ka?

      • Kalo cuman kabin biasanya g ditimbang, tapi tergantung kebijakan bandara. Selama barang tidak tampak berukuran besar dan tidak terlhat berat dan tidak lebih dari 2 utk 1 orang, biasanya tidak akan ditimbang. Tinggal beli airport tax

      • Ka kalo untuk hasil print nan web chek in tidak menggunakan kertas yang sama dengan chek in disana gapapa? Saya menggunakan kertas HVS gitu ..

  10. terima kasih kak atas bantuanya saya berangkat menggunakan web chek in dengan sangat mudah walaupun pas saya mau masuk pesawat tiket saya sempat dilihat lama banget sama staff disana nya hahahaha tapi lolos kok walaupun ga dikasih print nan barunya

      • Hallo mba, apakah kita perlu mencetak boarding pass nya? Klo hnya menunjukkan boarding pas melalui gadget bisa tidak ya sprti hal nya menunjulkan e-ticket yg hnya dr gadget? Trimakasih

      • halooo kak aku mau nanya. mohon jwbnnya.
        aku kan rncana mau check-in garuda lwt mobile checkin, nah nanti klo udh checkin di web garuda apakah boarding pass nya hrus di cetak? atau kita ckup menunjukkan boarding pass kita lwt hp aja? trimakasih kak

  11. Mba, saya mau nanya, untuk penerbangan internasional jika hanya membawa bagasi cabin maka setelah web check-in apakah bisa langsung ke gate keberangkatan atau masih harus ke counter check-in untuk verifikasi dokumen? Trims untuk informasinya ya🙂

  12. Maaf mau tnya ni , saya kan belikan tiket untuk adik saya dr medan mau ke jakarta , tp saya cuma kasih kode booking nya aj , tlong penjelasannya dong ka gmn cara saya buat ngejelasin ke adik saya spy dia tdk bingung . Thanks

  13. bermanfaat.. kkk~ btw,, kalo lion air pilih seatnya kena charge lagi ga sih?? soalnya bru pertama nih mau coba lion air, biasanya air asia klo dr tiket.com kena charge pas pilih seat …

  14. Klo ga ad pilihan seat nya n udah kepencet check in ap bs ditambahin untuk nentuin seat nya? Yang jls blom boording pass ko

  15. Misi mas mau nanya..
    Kalo misal kita sudah sukses checkin namun ingin mengubah seat apakah bisa ?
    Klo bisa gimana yaa caranya. ?
    Saya penerbangan besok, tadi check in melewatkan pemilihan tempat duduk dan berencana mau merubah apa bisa ?

  16. Hallo.. Wah nemu blog yg bermanfaat ini.
    Pertama pakai e-ticket dan skalian mau coba check in online.

    Saya ada di wilayah indonesia yg terbilang pinggiran. Tp alhamdulillah kalau sinyal internet n smartphone ada.

    Perjalanan dari daerah smp bandara terdekat sektiar 8 jam. Misal, Penerbangan saya pukul 18.00 saya berencana berangka dari rumah pukul 10.00.

    Saya sudah punya e ticket dan sudah check in online. Boarding pass sdh d krim via email. Tp blm saya cetak ( karena dalam perjalanan).

    Pertanyaan saya, dimana saya bisa cetak boarding pass stl saya sampai bandara? Apakah di counter maskapai, atau di counter check in maskapai seperti biasa? Kondisi saya juga membawa bagasi.

    Terimakasih.

  17. KEnapa yah seat 1 smpai 4 selalu terblock..bisa nya cuma di seat nmer 5 mulai nya.. gimana dunk cara nya kalo mau website checkin n duduk di seat 1 or 2.. thanksss

    • saya kurang paham juga ya kenapa ? soalnya bukan petugas bandara..hehe
      tapi kemungkinan ada banyak, bisa jadi itu untuk
      1. emergency seat bagi orang-orang yang terlambat check in, sehingga mereka bisa segera naik dan tidak memperlambat jadwal penerbangan.
      2. memang sudah di booking oleh penumpang yang membeli tiket sekaligus meminta seat via agen travel
      3. Untuk ibu-ibu yang membawa bayi atau penumpang dengan kebutuhan khusus

      tapi mungkin lebih baik jika bertanya langsung kepada petugas di bandara

  18. Halo mbak,saya udh print boardingpass nya nih, pakai kertas HVS ,bolehkah digunting? Atau tercetak gtu aja bentuknya hvs,takut kalo digunting sesuai ukuran boardingpass nnt gak diterima pula,ksh pencerahan ya kak hehe

Leave a Reply

