Informasi Persyaratan Visa

Standard

Visa itu momok yang harus dihadapi setiap kali harus keluar negeri, terkecuali ke negara-negara yang tidak perlu menggunakan visa.

Mengapa visa itu jadi seperti momok ? hahahaha
Kalo bagi aku sendiri yang pertama persyaratan dan dokumennya banyak banget yang harus dipenuhi. Belum lagi perasaan cemas tiap kali apply visa karena takut ditolak.
Tapi selama kelengkapan dokumen terpenuhi, aku rasa akan diterima. Cuman ada beberapa Embassy yang memang sulit untuk meloloskan visa.

Beberapa syarat yang biasanya harus terpenuhi :

1. Foto 4×6

     Beberapa Embassy meminta foto dengan porsi wajah lebih banyak sehingga lebih jelas, kemudian kedua kuping harus kelihatan, tidak boleh senyum dengan gigi terlihat.. (Dulu nyokap aku apply visa inggris, karena giginya keliatan dikiiiiit banget akhirnya disuruh foto ulang)
Jangan sekali-kali mengubah penampilan sebelum visa keluar, kalo perlu sampai kembali dari luar negeri. Karena mereka saya memperhatikan foto yang ada di visa dan paspor dengan orang yang sebenarnya. (waktu aku apply visa, ada ibu-ibu yang foto di applynya rambutnya panjang, tapi orang aslinya rambutnya pendek, akhirnya disuruh foto ulang. Adalagi ibu-ibu yang di fotonya ngga pake jilbab, pas apply visa pake jilbab tetap disuruh foto ulang).

Jadi saran aku…kalo memang mau make over diri, lakukan sebelum pengambilan foto yang akan disetor ke Embassy untuk pengajuan visa.

2. Rekening koran 3 bulan terakhir

Apply visa itu kebanyakan meminta rekening koran bank sebagai bukti bahwa kita punya uang yang cukup selama disana dan ngga akan menggembel di negara mereka. Mereka butuh jaminan sebelum memperbolehkan kita masuk ke negaranya. Besar nominal tiap negara berbeda-beda. Untuk wilayah eropa sekitar >50 juta rupiah dan untuk wilayah asia >25 juta rupiah.

Kalo dipikir-pikir itu nominalnya banyak banget ya..padahal biaya perjalanan kita ke Luar Negeri aja ngga sebesar itu. Nah biasanya orang-orang  meminjam uang terlebih dahulu sejumlah itu untuk dimasukkan kedalam rekening kita dan dicetak. Biasanya harga cetak perlembarnya 2 ribu rupiah. Tapi tergantung banknya.  Setelah dicetak uangnya dikembalikan lagi. Hehehe ingat ya…uang orang dikembalikan lagi.

3. Surat Referensi Bank

Pada saat kita meminta rekening koran dicetak, sekalian aja minta surat referensi bank untuk pengajuan visa. Bilang aja sama CS nya. Tapi kalo cabang pas kita buka rekening ngga sama dengan cabang yang kita datangin untuk minta surat, biasanya bank ngga mau dan menyuruh kita untuk ke cabang dimana kita membuka rekening pertama kali. Jadi akan sangat-sangat repot sekali kalo kita tinggal diluar kota. Tetapi setau saya kalo kita tidak bisa mengajukan sendiri ke cabang rekening pertama kali kita buka, kita bisa membuat surat kuasa.

4. Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Sekolah/Kampus

Jujur, untuk surat keterangan kerja aku belum pernah tau formatnya seperti apa, hehehehe
Doakan aku cepat kerja biar bisa tau ngurus-ngurus surat keterangan kerja untuk visa. Sementara ini aku nulis yang surat keterangan sekolah dulu yaa..

Kalo kamu masih sekolah atau mahasiswa yang belum bekerja, biasanya diminta untuk menyertai surat keterangan sekolah atau mahasiswa dalam bahasa inggris di apply visanya. Mintanya ke TU yaaa..tapi biasanya petugas TU ngga bisa bahasa inggris, jadi kamu-kamu yang lebih pintar, kudu ngasih format suratnya ke mereka. Mereka tinggal menyalin. (*Pengalaman aku, malah aku sendiri yang ngetik di komputer paknya hahahaha)

5. Surat Sponsor

Untuk yang sudah bekerja dan berangkat dengan uang pribadi biasanya diminta slip gaji untuk membuktikan bahwa kita punya penghasilan sendiri. Kalo dibiayai perusahaan ya surat sponsornya atas nama perusahaan. Tapi yang berkaitan dengan perusahaan, aku ngga begitu tau…hehehe

Kalo siswa dan mahasiswa yang dibiayai orang tua..maka harus membuat surat sponsor kalo orang tua (ayah/ibu) mau menanggung biaya kita selama disana. Kalo dibiayai saudara, menantu atau anak kita ya sama aja

6. Tunjangan pensiun

Buat bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah pensiun, bisa melampirkan tunjangan pensiunnya sebagai ganti slip gaji. Mintanya di perusahaan lama anda bekerja…hehehe

7. Formulir aplikasi visa

Nah yang ini jangan sampai ketinggalan…semuanya harus diisi dan ditanda tangani. Formulir aplikasi bisa di download di website masing-masing embassy

itu semua pengalaman aku mengurus visa yang ribet dan aduhai bikin pontang panting. Persyaratan itu yang benar-benar harus kita perhatikan dengan cermat. Kecuali kalo kita punya banyak waktu, uang dan tenaga untuk bolak balik ngurusi dokumen dan kelengkapan karena dikit-dikit ada yang kurang atau salah. Hehehehe

Semoga bermanfaat

10 responses »

  1. permisi kak, aku juga boleh minta contoh untuk surat keterangan mahasiswa nggak? hehe.. di tempat aku juga biasanya ngeluarin surat keterangan mahasiswa nya yang bahasa indonesia.. email aku salsha.amalia@gmail.com kak, makasih sebelumnya ^^

    • halo nisa, maaf ya saya sudah coba cari contoh surat keterangan tapi nth dimana krn kmrn saya simpan di flashdisk dan flashdisknya juga hilang.

      intinya seperti surat keterangan dalam bahasa indonesia, akan tetapi surat ini dalam bahasa inggris dan ada keterangan nama lengkap sesuai paspor, no paspor, nama orangtua serta alamat. Kemudian ada kalimat yang menyatakan bahwa kamu berkuliah di universitas tersebut dan ditanda tangani oleh wakil dekan I biasanya

Leave a Reply

