Ilmu “Tahu”

Standard

Manusia merupakan makhluk sosial sekaligus makhluk individu. Tuhan menciptakan bahwa ada kalanya kita sebagai orang yang membutuhkan orang lain tetapi ada kalanya kita sebagai individu yang mampu mengatur dan mengendalikan diri kita sendiri. Dan semua sesuai dengan porsinya.

Apa yang terjadi ketika kita terlalu menjadi makhluk individu ?? Mungkin kita akan menemui konflik dengan orang lain 

Apa yang terjadi ketika kita terlalu menjadi makhluk sosial ??? Mungkin kita akan kehilangan originalitas dan karateristik kita atau bahkan ketidakberdayaan karena harapan akan campur tangan orang lain yang terlalu besar

Pada dasarnya manusia memiliki instinct seperti hewan yaitu agresi dan seks. Dan keduanya tidak lain untuk mempertahankan hidup, atau dengan kata lain agresi dan seks merupakan dorongan untuk survive. Lalu apa yang membedakan kita dengan hewan ???
Tuhan menciptakan kita dengan akal (rasio). Manusia dan hewan keduanya memiliki otak sebagai penggerak atas perilakunya, akan tetapi manusia diberi akal sehingga mereka lebih dapat berperilaku yang lebih tinggi derajatnya dari hewan. Tidak semata-mata menyalurkan dorongannya disembarangan tempat. Alangkah mengerikannya jika manusia harus berkelahi satu sama lain untuk mempertahankan teritorialnya, berkelahi untuk mendapatkan lawan jenis demi bisa meneruskan keturunan dan bahkan melakukan seks dimanapun mereka mau tanpa peduli dilihat orang lain. 

Wah..kucing saya aja kawinnya sembunyi-sembunyi dan tidak ingin dilihat oleh orang lain, mengapa manusia yang memiliki akal tidak bisa berperilaku lebih baik ?

Apapun itu, kita sebagai manusia akan terus mempertimbangkan kehadiran orang lain yang mempengaruhi diri kita.Ada 4 prinsip yang diajarkan oleh ayah saya untuk bisa hidup berdampingan dengan orang lain dan memandang orang lain setara dengan diri kita serta menumbuhkan sikap saling pengertian dan toleransi dengan kehadiran orang lain.
4 Prinsip ini disebut ilmu Tahu

Ha ha jelas bukan tahu yang dimaksud adalah tahu yang dijual dipasar dari bahan kedelai itu. Tetapi Tahu yang saya maksud adalah Tahu (know dalam istilah bahasa inggris), mengetahui.

4 prinsip Tahu tersebut terdiri dari  :

1. Kamu Tahu, Saya Tidak Tahu —> Ini menunjukkan bahwa ilmu yang kita miliki terbatas. Tidak semua hal didunia ini kita ketahui karena yang serba tau cuman Tuhan sehingga akan selalu ada orang yang lebih tau dari kita karena mereka memiliki pengalaman yang berbeda dengan kita. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat belajar dari orang lain dan menempatkan diri kita sebagai murid dan orang lain sebagai guru.

2. Saya Tahu, Kamu Tidak Tahu —> Ini menunjukkan bahwa ada hal-hal lain yang juga saya ketahui dan belum tentu diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu, Saya seharusnya dapat membagikan ilmu yang saya miliki kepada orang lain. Dalam hal ini saya sebagai guru dan orang lain sebagai murid. Ingat, salah satu amal yang tidak pernah putus adalah ilmu yang disalurkan dan diterapkan oleh orang lain. Dan semakin kita berbagi, pada dasarnya kita juga akan semakin banyak mendapatkan ilmu baru

3. Saya Tahu, Kamu Tahu —> Ini menunjukkan bahwa ketika semua orang tahu maka seharusnya mereka memiliki persepsi dan pandangan yang sama sehingga mereka bisa bekerja sama. 

4. Saya Tidak Tahu, Kamu Tidak Tahu —> ini menunjukkan bahwa kita seharusnya memiliki ketidaktahuan sehingga perlunya saling belajar

 

Prinsip ini  mirip sekali dengan Johari Window mengenai seberapa jauh kita mengenal diri kita sendiri, akan tetapi sedikit dimodifikasi menjadi berkaitan dengan orang lain sehingga mendorong kita untuk dapat melihat kesetaraan dengan orang lain dan menghargai orang lain

 

Bagaimana menurut anda ? Setujukah ?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s