Jahit kebaya salah potong

Standard

Pindah-pindah tempat tinggal itu bukan sesuatu yang gw suka sebenernya, tapi karena ada kepentingan khusus yang membuat gw terpaksa pindah. Terkadang jika kita sudah tinggal lama di suatu kota, kita pada akhirnya tau banyak tentang kota itu bahkan mungkin bisa memiliki langganan dengan (khususnya) penjahit kebaya. Tinggal di suatu kota dalam waktu lama bisa saja menjadi comfort zone.
Permasalahannya adalah ketika kita harus pindah dan harus mulai mengeksplor kota tersebut (lagi). Dulu waktu di jakarta setiap x jahit kebaya gw suka bgt dan percaya bgt sama mba ika yg ngejahit kebaya OVJ. Prive never lies sih tapi puas dgn hasilnya. Ide apapun dia bisa paham

Sekarang gw tinggal di bandung, selama 2 tahun disini gw ngga pernah ngejahit kebaya dan baru kali ini. N then pas gw mo jahit kebaya gw bingung mo kmn. Gw udah sreg dgn penjahit gw di jkt dan di sby. Cuman krn g mgkn kesana gw coba cari di kota bdg juga. Sempat nanya langganan tante jg, cuman krn gw ngga ngerti persis dmn tempatnya, gw coba cari sendiri. Ternyata keputusan gw FATAL !

Gw nemu penjahit yg tempatnya cukup strategis dan parkirannya juga enak sebenarnya. Di papannya sih tertulis rias dan sewa baju pengantin tapi juga nerima jahit kebaya. Karena byk kebaya dipasang di etalase dia, gw coba masuk dgn persepsi nih orang pasti dah biasa jahit kebaya dan udah ahli.

Ngobrol-ngobrol ngobrol.. gw kasih aja desain yg gw ambil dari google sbg model dasarnya. Dengan penjelasan panjang lebar serta nuangin ide-ide modifikasi dibenak gw, penjahit itu nyanggupin. Gw jg berusaha sepakat sesuai dengan kesanggupan dia kok. Klo emang dia g bs, ya gw g maksa dan ngebiarin dia bikin yg dia bisa aja.  Dengan hrg yg standar pada umumnya (g mahal bgt g murahan bgt) gw percaya sama dia utk ngasih hasil bagus dan maksimal. Minimal mirip seperti yg sama-sama kt bayangin.  Gw juga bukan ahli kain, bukan ahli jahit. Makanya gw datang ke penjahit sebagai orang yg ahli ngolah kain jadi baju. Bener kan ? Dibenak gw pun, gw bersedia bayar agak mahal dikit asalkan bagus, harga itu g paten, yg jelas hasil memuaskan. Gw ngasih target seminggu, dan si penjahit menyanggupi dengan kalimat “ntar dihubungi lagi utk fitting dsb kalo kurang pas”

ini nih yg buat gw kecewa berat …

Seminggu kemudian, krn gw pikir dia udah nyanggupin, hrsnya udah jadi donk brg gw.  Bener sih udah jadi kebayanya tapi ngga sesuai dengan kesepakatan. Kesepakatan di bagian kerah bakal dipasangi tile. Dan ternyata dia masangin kain puring gw yg buat bustier. So aneh bgt ngeliatnya dan gw shock ! Ngga cuman itu, bagian depan yg didesain meruncing pun jadinya bulat biasa bahkan panjang sebelah. Gw dah mulai mo nangis tuh. Berhubung ini kain seragaman acara nikahan teman gw. Klo kain gw sndiri gw bisa beli lagi dan cari penjahit lain meskipun rugi.

Karena kerah yang aneh itu, gw suruh buka jahitan dan ngelepas kain aneh di kerah itu. Hasilnya masalah brokat gw bolong. Ckckckck….
Mereka nawarin modifikasi ini itu. Tapi berhubung bukan mrk yg jahit mereka sibuk dgn kalimat “bisa ngga ya klo di giniin kalo digituin..?
Gila..! ngedengernya aja bikin keder. Loe percaya tuh orang bakal bisa bikin yg mereka tawarin ? Bikin yg sederhana aja salah kok
Gw ngerasa dibohongin krn mrk ngga bilang klo bukan mereka yg jahit lgsng. Dan lucunya ketika gw tnya jahit dmn, mereka cmn blg “aduh saya jg ngga tahu dimana jahitnya yg ini. Ini bukan penjahit langganan saya”

Nah loe ! kebayangkan rasanya jadi pelanggan digituin. Di etalase dia mmg kebaya dan jahitannya biasa sih hasilnya. g ada yg bentuknya aneh bgt atau unik bgt. Jahitannya pun sekilas mmg kurang bagus. Tapi lagi2 krn gw pikir tempatnya besar dan bagus, minimal dah pnya pengalaman kan nanganin pelanggan.
Apa krn mgkn gw aja yg lagi sial dan gw jg termasuk org yg ngga cocok sembarangan sama penjahit. Boro-boro jahit kebaya, jahit celanan kain aja suka salah-salah.  Itu juga alasannya yg bikin gw lebih suka beli jadi daripada jahit. Gw butuh waktu lama utk tuker persepsi gw ke penjahit dan gw paling males ngelakuin itu.

Selain itu, mrk bilang bustier gw belum dijahit krn g nemu kain dalam yg sama. Tapi gw ngga dikabarin kalo stock kain ngga ada. Ya udah sih, klo mmg g ada, gw jg gpp kok minta dia jahit biasa aja. Selain itu gw jg ngga dikabarin kalo kain tile gw yg sewarna ngga ada. Busyet nak ! Jadi seminggu itu progress kebaya gw ngga jelas donk ya

Disebelah rumah gw ada penjahit murahan yg juga nge-permak dress gw dan jg bolong gara-gara dia ngegunting benang pake gunting kain ha ha (ya jelas kainnya ikutan kegunting), trus megangin baju gw sambil makan. Jadi kebayang donk itu noda ditangan sambil megang2 baju orang.  Fiuh..gw g tega mo ngasih kerjaan kebaya. Makanya gw cari tempat yg lebih keliatan “modal” dikit. Wah ngga nyangka, ditempat modal pun, kebaya gw dilempar ke penjahit murahan. Tetep ajeee !!

Kadang kalo toh ada penjahit bagus tapi jauh gw juga males soalnya pasti bolak balik fitting ini kurang itu dsb. Jadi gw ttp kekeuh cari yg deket tapi bagus. Hiks yg ada gw malah nangis kain gw teraniaya.

Ini nih gw tunjukkin desain gw yg nth gmn modelnya

kebaya contoh

Ini desain dasar yg gw dapet di google biar ada bayangan mo dibentuk apa. Sisanya ide-ide sendiri. Yah mo ngasih ide selangit pun kalo penjahitnya penjahit yg cukup asal bisa jahit ttp aja hasil ngga nyampe.

Kebaya yg dikirim ke penjahit murahan

ini desain yang dikirim ke penjahit murahan. Setelah ngobrol-ngobrol jadinya dia sanggup bikin model itu.

Tada !!!!!!! hasil jahitan penjahit murahan

Tada !!!! Bukan cuman model yg tereduksi, jahitanpun miring-miring…Kayaknya sang penjahit punya silinder dimatanya. Ditambah bagian cantolan kancingnya ada yg kelewatan jadinya ngga kejahit. Mungkin jahitnya sambil bergadang x ya

 

Buat yg ngebaca ocehan gw, mungkin ini yg bisa gw simpulin ketika nyari sang penjahit :

1. Tanya siapapun mengenai penjahit langganan mereka, tanya berapa x mereka jahit, dan apakah hasilnya buat mereka puas. Kalo perlu minta mereka menunjukkan hasil jahitnya

2. Tanyakan dengan pasti, apakah yg ngukur badan loe sang penjahit langsung atau cuman makelar jahit. Kalo cuman makelar, pastikan kalo mereka menjahitnya di langganan mereka bukan disembarang tempat dan penjahitnya terdeteksi.

3. Pastikan mereka paham betul dgn ide yang loe kasih. Alias mereka bisa nangkap dengan jelas persepsi dan bayangan loe mengenai hasil kebaya loe

4. Jangan byr DP terlalu besar, utk berjaga-jaga kalo hasilnya ngga beres dan g memuaskan

5.Perhatikan hasil jahitan yg sudah jadi di etalase mereka dengan baik dan detail.

6.Kalo penjahitnya asal-asalan dengerin ide loe dan keliatan males-malesan. Berarti kemungkinan besar si penjahit jg kerjanya asal-asalan

7.Kalo loe ngga yakin, mending ngga usah jahit disitu.

 

Semoga pengalaman yg gw sharing bs bermanfaat buat orang lain dah

🙂

8 responses »

  1. ya ampun mbaakk.. kasihan banget..
    sayang sekali kita tidak ketemu yaa..
    sejak tahun 2005-2011 saya membuka toko khusus batik dan kebaya di DTC surabaya. Namanya Toko88. kerjaan sehari- hari di workshop kami antara lain melayani pemesanan jahitan baru kebaya dan batik. entah itu kebaya klasik, kebaya modern, kebaya encim, kain kebaya berpola, sampe kebaya nenek- nenek pun kami bikin.
    batiknya pun beragam, mulai kain batik tulis padanan kebaya, batik sutera, sampai fashion batik yang lagi trend sekarang, kamipun bikin.
    selain jahit baru, kami menyediakan kebaya ready stock dan tentu saja, termasuk jasa permaknya. jadi walaupon kebaya ready stock, tapi tetap fit dengan tubuh customer kami.
    selain itu, kami juga menerima permakan kebaya. tapi ada syaratnya: selama do-able. yah, termasuk menampung keluhkesah para ex customer bisnis lain, yg ga puas dengan kerjaan orang lain.
    uniknya, bisnis kami tidak menjalankan program promosi. promosi yang saya lakukan hanya dua: ngasih kartu nama ke pelanggan dan getok tular. alhamdulillah, 6 tahunbisa bertahan.
    sayang sekali sekarang saya harus nutup bisnis saya (sementara) karena panggilan tugas (saya seorang apoteker yang harus bertugas stand by ddi sebuah apotek jaringan nasional). selain itu, toko yang saya sewa diminta kembali oleh pemiliknya, karena ia ingin membuka bisnis sendiri di tempat tersebut. yah, nasib penyewa….:(
    sesegera mungkin saya ingin kembali membuka bisnis saya lagi. karena passion saya memang disitu. tulisan mbak diatas benar2 sebuah lecutan energi buat saya, karena ternyata, konsep bisnis saya, masih bagus, dapat berguna bagi masyarakat.
    terimakasih atas tulisannya ya mbak. such an inspiration!

  2. mudah-mudahan jadi pelajaran untuk yang lain agar lebih berhati-hati dalam memilih jasa penjahit, baiknya melihat sample yang pernah dibuat, tempatnya harus jelas dan langsung dikerjakan disana (tanpa perantara) kalau Anda berada di sekitar Bandung saya rekomendasikan ke jl. sari indah aja sudah berpengalaman cukup lama tempat sederhana namun hasil memuaskan, dikerjakan langsung disitu, ini alamat web nya barangkali sekarang sudah pindah tempat, http://www.kebayabandung46.blogspot.com

      • Hiiiks….senasib punya pnglmn pahit ma tkg jahit….klo boleh tau penjahit di daerah bubat yg bgs dmn ya? penjahit biasa aja, ngga khusus kebaya, klo kebaya mah sy dah ada langganan di pasar baru🙂

Leave a Reply

