Tips Menghadapi Surat Kaleng

Standard

Surat kaleng, wajah surat tersembunyi di balik topeng. Sebuah hasrat membentur benteng. Pengirim surat ingin berbicara, namun keadaan membuatnya terpaksa, berlindung di balik ruang rahasia, dengan suatu alasan yang telah diperhitungkannya.
Surat kaleng, pesan singkat bertameng tedeng. Dari penulis untuk pembaca. Dari pengirim untuk penerima. Sebuah wasiat, peringatan, laporan, pengaduan, uneg-uneg, ancaman, isi hati, pelampiasan emosi, gelora kerinduan, atau bisa juga ungkapan cinta tak tertahan. Surat kaleng menyimpan seribu misteri, maksud terselubung dan tersembunyi.
Pengirim surat hendak melindungi diri, kadang memang ada hak untuk rahasia–misteri. Privasi dan identitas diri, entah demi keselamatan jiwa,  keamanan keluarga, jaga  gengsi, atau memang tiada nyali, sekedar menebar teror, menyulut keresahan dan mengumbar fitnah keji.
Surat kaleng membuka fakta, retaknya persaudaraan, terkungkungnya kebebasan, tersumbatnya keterbukaan, terusiknya keadilan, hilangnya ke-ksatria-an, eksklusivitas komunitas, ter-abrasi kedewasaan berinteraksi dan ter-erosi sikap toleransi.
Apapun alasan dan motifnya, surat kaleng mengirim pesan nyata, bahwa telah macet komunikasi antar manusia. Mesti bagaimana…???” – Handoyo El Jeffry 

         Pada dasarnya saya kurang paham dengan sebutan atau bagaimana kita menyebutnya, akan tetapi umumnya surat ini berasal dari seseorang yang tidak kita kenal. Yah mungkin yang digaris bawahi adalah dari seseorang yang tidak kita kenal, sehingga bagi saya hal tersebut sama saja dengan surat kaleng atau bahasa kerennya blackmail.

           Definisi blackmail sendiri sebenarnya lebih pada ada nya ancaman dalam surat tersebut yang biasanya memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu ataupun memaksa seseorang memberikan sejumlah uang, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman bentuknya pun bisa berbagai macam.

          Zaman modern yang penuh teknologi seperti ini, mudah sekali untuk membuat surat kaleng kepada seseorang. Bisa via SMS, bisa via email, bisa lewat media sosial lainnya. Isi surat kaleng pun biasanya memberikan informasi yang tidak kita ketahui terlepas isi tersebut benar atau tidak, yang jelas orang yang mengirimkan surat  tersebut punya motif.

           Surat kaleng bisa saja berisi hal-hal yang berkaitan tentang pekerjaan, keluarga, saudara, pacar, suami, pasangan, atasan, bawahan atau siapa saja yang mungkin punya hubungan dekat dengan kita, yang tentu saja ketika kita membacanya membuat kita terkejut setengah mati.

         Saya jadi ingat salah satu film yang diperankan oleh Hugh Jackman dan Ewan McGregor di tahun 2008 yang inti ceritanya dia terjebak dan seseorang memaksanya untuk melakukan sesuatu. Judul film ini Deception. Atau mungkin film The Box di tahun 2009 yang diperankan Cameron Diaz yang intinya ada seseorang tak dikenal yang datang kerumah anda dan meminta anda menekan tombol kemudian akan ada orang yang meninggal dan anda akan dibayar. Yah mungkin surat kaleng mirip seperti itu.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mendapat surat kaleng yaitu :

1. Sang pengirim biasanya adalah orang yang berada di lingkaran kerabat anda atau orang-orang terdekat dan berada disekitar anda sehingga ia tahu banyak tentang anda

2. Ketika anda membaca pertama kali surat kaleng tersebut, anda pasti akan merasa sangat kaget dan shock. Tenangkan diri anda, minumlah air putih, duduklah dengan tenang, sholatlah dahulu jika anda  muslim, lalu kembali baca surat tersebut berulang kali sehingga anda tidak merasa shock lagi

3. Jangan mudah percaya begitu saja dari isi surat tersebut. Biasanya isi surat tersebut ingin menjatuhkan anda atau kerabat anda sehingga belum tentu benar 100%.

4. Konfirmasikan kepada beberapa orang yang menurut anda tahu lebih banyak mengenai kaitan dari isi surat tersebut. Semakin banyak orang yang dapat memberikan informasi, semakin jelas. Akan tetapi lebih ditekankan pada informan-informan yang terpercaya

5. Seseorang yang mengirimkan surat kaleng, pasti memiliki motif. Apakah itu menjatuhkan anda, apakah itu menjatuhkan kerabat, saudara, pacar, suami anda, apakah itu dalam bentuk kepedulian. Akan tetapi surat kaleng tidak pernah dibenarkan. Jika orang tersebut peduli dengan anda dan dia adalah orang yang baik, maka orang tersebut akan menemui anda SECARA LANGSUNG. Bukan dengan cara sembunyi-sembunyi atau menggunakan identitas palsu. Anda bisa saja menuntutnya sebagai bentuk kriminalitas.

6. Anda bisa menggunakan jasa pengacara, hukum untuk mencari tahu pengirim tersebut akan tetapi hal ini membutuhkan biaya yang cukup besar bahkan puluhan juta rupiah.

7. Ambil sisi positif dari surat tersebut. Jika ada inti dari surat yang memang benar maka pada dasarnya ada hal-hal yang tidak anda ketahui dan orang lain lebih ketahui, sehingga anda juga harus mempertanyakan keterbukaan dan komunikasi anda terhadap kerabat, saudara, atau pasangan anda.

8. Surat kaleng yang berisi mengenai rahasia seseorang bisa anda selidiki dengan cara mengingat-ngingat kepada siapa saja anda menceritakan rahasia tersebut. Kemudian telusuri beberapa orang yang mengetahui rahasia anda. Dan yang pastinya, orang yang pertama kali anda ceritakan rahasia tersebut adalah orang yang membeberkan rahasia anda🙂

9. Ingat-ingatlah apakah anda memiliki konflik dengan seseorang karena biasanya orang-orang yang memberikan surat kaleng adalah orang-orang yang tidak menyukai anda atau kerabat anda. Minta maaf lah kepada orang-orang tersebut karena bisa saja anda sedang tidak merasa berkonflik akan tetapi ada orang lain yang mungkin sedang iri atau sakit  hati kepada anda atau kerabat anda.

10. Tetap bersyukur kepada Tuhan, bagaimanapun akan selalu ada hikmah dibalik kejadian tersebut. Anda bisa saja menjadi lebih aware, atau minimal belajar sesuatu dari kejadian tersebut.

Itulah beberapa tips dari saya..jika ada yang ingin menambahkan tips ataupun memiliki pengalaman  dan bersedia membagikan pengalamannya. Silahkan tinggalkan komentar anda.

Semoga kita menjadi individu yang lebih baik lagi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s