Jujur itu menambah berkah

Standard

Hr ini saya ingin sedikit bercerita kejadian yang menarik yang berkaitan dengan

Mengapa pentingnya kita jujur ?

Sore tadi, saya bertemu dengan teman dekat saya untuk membahas suatu hal penting di sebuah cafe.Menurut saya Cafe ini cukup nyaman berdiskusi karena tidak terlalu rame. Cafenya pun menyediakan menu yang cukup banyak, toilet yg bersih serta mushola yang nyaman sehingga cukup menghabiskan waktu ashar dan magrib.

Kami kemudian menghabiskan waktu dengan ditemani menu tom yam, karedok, jus apel serta es teh manis dan rempeyek. Dan setelah lama berdiskusi, kami pun memutuskan untuk pulang. Ketika kami membayar dikasir, kami pun tidak begitu tahu persis berapa harga masing-masing makanan yang kami pesan, karena dimenu hanya tertulis nama makanan dan minuman serta kotak kecil yang harus dicentang tanpa harga. Sehingga pada saat kami membayarpun, kami cuman bisa berpasrah pada mesin hitungan kasir yang kemudian mengeluarkan angka nominal itu. Berapapun angkanya, kita pun akan tetap membayar.

Setelah membayar, teman saya kemudian mengecek kembali struk pembayaran sambil berjalan keluar cafe. Ditengah jalan ia berhenti. Ternyata didalam struk itu, pesanan karedok kami belum dihitung. Berarti dalam artian kami belum membayarnya. Teman saya pun kembali kekasir dan mengatakan bahwa karedoknya belum dihitung.

Sang kasir kemudian mengecek kembali dan memang benar karedok tersebut belum dihitung, akan tetapi sang kasir justru menemukan bahwa ia salah menghitung. Ia memasukkan harga jus apel 2x sehingga kami sebelumnya membayar double. Sehingga total harga yang kami bayar pun justru lebih sedikit dibanding sebelumnya. Sang kasir meminta maaf dan mengembalikan uang kami yang kelebihan.

Jadi kira-kira pengalaman berharga apa yang baru saja terjadi ???

Iyap, bener sekali. Bahwa orang jujur itu mujur.

Kalo saja niat kami atau teman saya jelek hanya karena karedok yang belum kami bayar itu dan pura-pura tidak tahu dan tidak jujur. Maka apa yang kita bayar sebelumnya pun sudah merugikan kami. Dan ketika kami jujur, maka kami justru mendapat kembalian uang yang cukup banyak.

Tuhan selalu mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan berkata jujur.. Dan perbuatan baik serta jujur yang kita lakukan pun akan dibayar dengan hal yang baik oleh Tuhan. Tuhan paling tau isi hati seseorang. Tuhan juga yang paling Maha mengatur keseimbangan di bumi ini, sehingga apapun yang kita lakukan akan dibalasnya. Kehidupan itu seperti cermin yang merefleksikan sikap kita, perilaku kita, cara berfikir kita terhadap hidup.

Banyak di antara kita, ketika kita pikir dengan tidak berkata jujur itu akan menjauhkan kita dari rejeki, kesempatan, dan sebagainya. Justru sebaliknya. Mungkin dengan jujur sekilas kita bisa saja kehilangan rejeki, kesempatan, dan lainnya akan tetapi kehilangan itupun akan diganti oleh Tuhan 2x lipat atau bahkan lebih dari kehilangan kita yang disebabkan kita jujur.

Mungkin Tuhan tidak memberikannya secara instan dalam bentuk 2x lipat, tapi coba ingatlah, setelah kita jujur, kemudian ada peristiwa apa yang terjadi setelah kejujuran kita ? Sekilas mungkin kita menyebutkan hal-hal negatif yang terjadi karena kita jujur. Tapi coba hitung berapa banyak hal positif yang terjadi setelah itu ??? Kadang justru itu yang kurang kita sadari. Apalagi jika hal positif yang terjadi tidak langsung terjadi setelah kita berbuat jujur ..

Tapi percaya deh, Tuhan itu adil. Dia Maha Adil.

 

šŸ™‚

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s