Titip menitip barang dari luar negeri

Standard

Akhir-akhir ini dikarenakan begitu banyak dan mudahnya orang keluar negeri yang pada akhirnya memunculkan beberapa situs untuk menitip barang yang kita mau dari luar negeri tanpa harus kesana.

Tentu saja jika beli dari online spt amazon, rakuten, ebay, dll dan dikirim ke rumah kita di indonesia pastinya lebih ribet, Knp ribet ?

pertama, kita harus memiliki kartu kredit atau minimal paypal untuk membayar
kedua, ongkos kirim itu mahal banget, terutama kalo pembelian dari situs online japan
ketiga, minimal barang datang sekitar 2 bulan, itu pun kalo tidak hilang

Jadi..
Situs titip menitip itu bener-bener membantu

Tapi.. ada beberapa pengalaman yang saya alami sebagai orang yg di titipkan (saya traveler)

1. Penitip saya terkadang rewel, mau murah, pesan banyak, pesanan sulit, dan rates mata uang mereka rendah, padahal rates kartu kredit dan rates ketika saya menukar terkadang lebih tinggi😦

2. Mereka kebanyakan sekedar menitip tanpa memberikan uang DP dan ujung-ujungnya membatalkan titipan setelah saya membeli barang, bahkan ada yang lupa jika mereka pernah menitip. Ujung-ujungnya saya menjual barang titipan mereka, itupun kalo ada yang berminat.

3. Kebanyakan menitip gadget dan barang-barang yang harus berurusan dengan imigrasi dan bea cukai. Sehingga menurut saya itu cukup merepotkan, belum lagi jika bermasalah. Tapi titipan jenis ini banyak yang saya tolak.

Oleh karena itu, saya cukup ketat membuat kesepakatan dalam titip menitip. Yang intinya, sebagai traveler yang mencarikan barang itu butuh usaha, tenaga dan biaya. Untuk dapat kesepakatan benar-benar harus jeli dan detail dalam membuat kesepakatan, (termasuk rates, fee, ongkir barang jika diminta untuk dikirim).

Jika ada sistem safe pay, saya menyarankan anda untuk menggunakan safe pay untuk menghindari kecurangan dari traveler. Tapi alhamdulillah berhubung saya yang sering nombokin kerugian sebagai traveler yang dititipin jadinya sulit untuk memikirkan kecurangan. Jika barang tidak saya dapatkan maka transfer dari penitip akan saya kembalikan 100 %. Dan dengan sistem safe pay, ketika barang tidak saya dapatkan, saya tinggal mengkonfirmasi barang tidak ada dan sistem yang men-transfer balik uang penitip.

Kemudian, pengalaman saya sebagai penitip. Saya selalu mengalokasikan dana lebih dari harga yang saya ketahui mengenai barang tersebut.
Jika menggunakan sistem safe pay, biasanya penitip dikenakan charge 3%. sehingga jelas, jika harga barang A, maka kita harus menghitung A++ (untuk biaya charge, fee traveler, ongkir, dan rates berapa yang ia gunakan). Intinya, jika tidak benar-benar punya dana lebih dan tidak benar-benar ingin membayar lebih, saya sarankan jangan menitip, kecuali kesepakan dengan traveler sudah jelas dan deal.

Selamat titip menitip yah

Semoga membantu…

 

2 responses »

Leave a Reply

