Prosedur (cara mengurus) keanggotaan BPJS

Standard

Saat ini, pemerintah memberikan layanan kesehatan bagi rakyat melalui Jamkesmas (subsidi) atau BPJS. Setau saya, sistemnya termasuk subsidi silang, yaitu yang mampu akan mensubsidi yg miskin. Buat yang mampu, Asik kan dapat asuransi kesehatan sekaligus beramal ?? Buat yg kurang mampu, juga harus berterimakasih kepada yang mampu. BPJS dulunya adalah ASKES, tapi lagi-lagi setau saya askes merupakan asuransi yang disediakan dari perusahaan sedangkan BPJS asuransi yang dibayar oleh perorangan. (Mohon dikoreksi jika salah).

Asuransi BPJS berbeda dengan asuransi swasta lainnya, dimana karyawan asuransi swasta yang sibuk mencari customer. Sementara BPJS, kita lah yang mendaftar. Kebetulan saya tinggal di Bandung dan mencoba mendaftar BPJS di kantor cabang utama Bandung.  Nah ketika mengurus, ada beberapa kriteria yang perlu di perhatikan :

1. One day service : Ini adalah pengurusan kartu keanggotaan yg 1 hari jadi. Untuk bisa mendapatkan layanan ini, anda harus datang ke kantor BPJS setelah subuhan. Atau sekitar jam 5 pagi. Kalo mo datang jam 4 pagi juga boleh hehehe.

Kenapa harus pagi ?

Karena yg mendaftar BPJS ini banyaaak sekali, sementara petugas hanya melayani sekitar 60-100 orang perhari. Sehingga yang mengantri pasti sangat banyak dan jam 5 pagi antrian sudah dibagikan. Jika anda masuk dalam antrian 1-60 anda akan dapat langsung mengurus keanggotaan yang jadi dalam 1 hari. Jika mendapat antrian lbh dari 60, anda bisa saja masih dilayani di one day service atau masuk kategori titip

2. Titip : Jika anda mendapat antrian lebih dari 60 dan masuk kategori titip. Maka itu artinya, anda hanya menitipkan berkas-berkas anda kemudian akan diminta oleh petugas untuk kembali lagi di hari tertentu untuk mengambil nomor account pembayaran bank dan sekaligus kartu. Tulisan “titip” ini akan diberikan oleh petugas yang memberikan antrian di pagi hari itu tadi. Jika kapasitasnya sudah lebih, maka ia akan menuliskan tulisan “titip” di formulir anda dan meminta anda untuk menuju ke counter 7 untuk dilayani. Prosedurnya sama spt one day service hanya saja, pembayaran dan kartu tidak dapat jadi dihari yang sama.

3. Online : Sebenarnya saya kurang paham dengan sistem ini. Tapi antrian ini yang paling sedikit jumlahnya. Dan saya sarankan jika ingin cepat anda bisa menggunakan jasa ini. Sekilas yang saya tau, anda mengisi formulir secara online di website BPJS. (silahkan googling). Kemudian mungkin akan diminta meng-upload berkas-berkas via online. Mungkin lho yaaa…saya pun tidak menggunakan layanan ini, tapi ada baiknya anda menggunakan ini untuk mempercepat pelayanan.

Bagaimana sebenarnya prosedur pengurusannya ?

Berikut  ini saya akan mencoba menjelaskan prosedur pengurusannya. Mungkin di web BPJS sudah dicantumkan, tapi ternyata tidak semudah itu..berhubung yang mengantri sangat banyak hehehe :

1. Mengambil formulir di kantor cabang utama (di cabang mana aja sptnya bisa)

2. Mengisi formulir dan melengkapi persyaratannya. Berikut persyaratannya :

A. Formulir BPJS yang sudah diisi 1 lembar

B. Foto copy KK 1 lembar

C. Foto copy KTP 1 lembar

D. Foto copy Surat Nikah (jika mendaftarkan suami dan istri atau mendaftarkan 1 keluarga) 1 lembar

E. Akte Kelahiran Anak ( Bagi yang belum memiliki KTP) 1 lembar

F. Pas foto 3×4 1 lembar

Ketika mengisi formulir, jangan lupa tuliskan kelas yang akan anda ambil dan akan anda bayar tiap bulannya. untuk kategori kelasnya yatiu :

– Kelas 1 = Rp. 59.500

– Kelas 2 = Rp. 42.500

– Kelas 3 = Rp. 25.500

Kemudian tuliskan nama faskes tingkat pertama (sesuai dengan domisili). Fasilitas kesehatan ini adalah klinik atau puskesmas yang dekat dengan rumah anda dan sudah terdaftar bekerja sama dengan BPJS. Untuk daftar klinik atau puskemas mana saja,  bisa dilihat di kantor cabang BPJS langsung atau melalui website BPJS.

3. Jika sudah lengkap, semua persyaratan di jadikan satu didalam 1 map atau di jepret kali ya bahasanya hahaha

4. Datang kekantor BPJS dan tuliskan nama anda di selembar kertas yang disediakan petugas. Petugas akan memanggil nama anda dan meminta anda untuk menanda tangani “buku absen” yang disediakan petugas. Jika anda datang jam 5 pagi dan mendapat antrian 1-60 maka anda akan dilayani dengan one day service. Dan jika anda mendapat antrian >60 maka anda akan dilayani dengan kategori titip. Setau saya, antrian akan ditutup jika yang mendaftar sekitar 200 org/hari. Dan biasanya jam 8 pagi sudah ditutup. Jadi sekali lagi, datang lah di pagi hari atau subuh sekalian.

5. Jika sudah mendapat antrian, maka anda akan dipanggil untuk masuk kedalam kantor berdasarkan antrian yg sudah anda dapat. Setelah masuk kedalam kantor, anda akan diberi antrian baru untuk dilayani di counter. Jika tidak dikasih oleh petugas, jangan sungkan untuk minta. Karena jika anda diam saja, anda bisa dilayani di nomor antrian terakhir meskipun sblmnya sudah mendapat antrian no 1 misalnya. Jadi antrian disini ada 2 lapis. Yang pertama, antrian untuk masuk kedalam kantor BPJS, dan kedua antrian untuk dilayani counter. Contohnya, antrian yang saya dapat untuk masuk kedalam kantor adalah 13. Kemudian setelah masuk kedalam kantor, karena saya cepat meminta no antrian, saya mendapat no antrian 5. Sehingga saya orang ke 5 yang akan dilayani di counter. No 13 yang saya punya tadi sudah tidak digunakan.

6. Jika sudah mendapat antrian untuk dilayani di counter, silahkan menunggu dengan tertib. Jika sudah dipanggil, maka berikan berkas kepada petugas yang melayani. Jika anda masuk di kategori one day service, maka anda akan membayar di counter itu juga dan mendapat kartu hari itu juga.
Jika masuk kategori titip, maka anda akan diberikan bukti untuk pengambilan nomor account di meja luar disamping pos satpam yang nantinya digunakan untuk pembayaran di bank. Bank yang melayani adalah BRI, BNI, dan Mandiri. Jika anda memiliki kartu atm Mandiri, maka anda tidak perlu jauh-jauh ke bank, didalam kantor BPJS ada petugas bank mandiri yang akan siap melayani.

7. Setelah membayar, tunjukkan bukti pembayaran di meja sebelah satpam tempat anda mengambil nomor account, maka petugas akan memberikan kartu anda.

8. Ta daa….selesai lah perjuangan anda untuk mengurus kartu BPJS. Kartu ini berlaku seumur hidup selama anda membayar rutin setiap bulan sebelum tanggal 10. Jika anda tidak membayar, maka otomatis kartu hangus.

 

Selamat mengurus kartu anggota,

Semoga membantu🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s