Tips Membeli Handphone, Tab, Gadget

Standard

Akhir-akhir ini saya cukup kaget dengan adanya banyak handphone replika. Ntahlah ..mungkin sudah sejak dulu banyak tapi rasanya akhir-akhir ini menjadi semakin banyak. Secara bentuk, benar-benar terlihat sama tetapi harga sangat-sangat jauuh lebih murah. Saya cukup sering membayangkan ketika replika galaxy note 3 misalnya dijual dengan harga 1 juta, maka berapa ya harga produksi barang tersebut ? Sementara harga aslinya mencapai 7 juta. Jauh sekali bukan ?

Anyway, saya tidak akan membahas mengenai handphone replika vs asli. Jika ingin tahu lebih jauh tentang itu, silahkan browsing atau cek di youtube. Gunakan kata kunci replika, fake, atau clone.

Ditulisan saya yang ini, saya akan membahas mengenai pentingnya untuk teliti sebelum membeli handphone atau gadget.

Ok, ini sudah cukup lama, tapi mungkin penting untuk saya tuliskan. Ketika saya membeli galaxy note 3 di sebuah dealer resmi samsung , disitu tertera harga handphone dan juga beberapa bonus yang akan kita dapat. Saya tidak tahu apakah ini menjadi lebih murah atau tidak, tetapi menurut saya rasanya ada “sedikit” pemaksaan terhadap konsumen.

nota note 3_1

 

Seperti sebuah nota yang saya cantumkan..hehe mungkin tidak begitu kelihatan jelas ya..

Penjelasannya sih, harga yang tertera untuk sebuah galaxy note 3 itu seharga tujuh juta seratus empat puluh sembilan ribu rupiah dengan rincian sesuai dengan yang ada di nota, yaitu mendapatkan aplikasi dengan harga 60rb, anti gores clear matte dengan harga 60rb, insurance card (kartu asuransi) dengan harga 30rb, dan starter pack IM3 dengan harga 50rb.

Mungkin buat beberapa orang ini menjadi paket yang menarik. Tapi mungkin bagi beberapa orang tidak. Aplikasi yang mereka install-kan kebanyakan adalah game. Jadi ini mungkin tidak akan sesuai dengan orang yang tidak begitu suka bermain game di gadget. Lebih baik menginstall sendiri aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian anti gores. Saya rasa banyak anti gores yang lebih bagus dibanding yang mereka berikan, apalagi sekarang ada anti gores jenis mirror, anti spy dsb. Jadi mungkin membeli sendiri lebih baik

yang ketiga, insurance card. Jujur saya sendiri tidak begitu paham dengan fungsi insurance card ini. Setelah membaca keterangannya pun, yang saya tangkap,  jika handphone yang kita beli rusak dan kita ingin meng-claim nya, kita tetap harus membayar 50% dari harga total handphone yang kita beli. Jadi fungsi insurance card apa ya ??

Dan yang terakhir, sebuah strater pack IM3. Buat beberapa orang yang masih punya sim card pribadi dan tidak ingin mengganti nomor, rasanya dapat starter pack ini ngga penting. Apalagi harga sim card sekarang lebih murah daripada yang mereka berikan.

So, jadi paketan yang mereka tawarkan rasanya tidak begitu berguna. Jika dilihat dari rincian, tampaknya masing-masing harga tidak begitu mahal. Tapi jika di total, semuanya menjadi 200rb. Cukup banyak bukan  untuk sesuatu yang tidak begitu penting atau bahkan kita bisa membeli sendiri apa saja yang kita butuhkan.

Ketika dihitung-hitung dan terasa mahal, kemudian saya menanyakan apakah boleh untuk tidak membeli paketan dan hanya membeli harga handphone saja. Sang pegawai pun mengatakan “bisa”. Hal tersebut ia katakan ketika handphone tersebut sudah dibayar. Jadi mungkin penting untuk menanyakan terlebih dahulu, apakah boleh membeli handphone tanpa paket-paket yang mereka tawarkan. Tapi jika anda tidak mau repot dan memiliki dana lebih, paket tersebut mungkin bisa menjadi lebih praktis. 

So, mana yang anda pilih🙂

Leave a Reply

