Refund lion air ticket

Standard

12 feb yang lalu seharusnya aku sudah berlibur dan menikmati liburan ku setelah menyelesaikan tugas akhir yang begitu penat. Alhasil setelah berangkat dan sampai disingapore, mendadak aku jatuh sakit dan harus di bawa ke rumah sakit. Untungnya saat itu aku sedang pergi dengan kakak.

Karena ditangani di unit gawat darurat, jadinya aku bisa negosiasi dengan dokter untuk bisa pulang cepat ke indonesia dan ngga harus menginap lagi di rumah sakit. Tiket pulang dari singapore yang harusnya hari minggu, mau tidak mau harus aku relakan dan akhirnya membeli tiket pulang yang baru yang lebih awal. Tiket hari minggu yang seharusnya tersebut , menggunakan maskapai lion air, dan kemudian aku pulang dengan membeli tiket airasia. Sebenarnya tiket lion tersebut bisa direschedule dengan menambah fee yang berlaku di hari tersebut, akan tetapi aku harus ke bandara changi untuk melapor lagi atau menelepon pihak travel agent di jakarta. Nah poin kedua yang ngga kepikiran karena panik, padahal di hostel kami menyediakan telepon gratis untuk ke jakarta. Alhasil beli lah kami tiket baru dan pulang

Sesampai di indonesia, yang aku tau tiket lion tersebut harus di refund dan di reschedule di changi sementara aku dan kakak sudah pulang. Kemudian aku minta tolong kepada teman untuk menanyakan tiket tersebut di terminal 3 changi. Karena ketika kemarin kami pulangpun, kami tidak sempat ke terminal 3 untuk melapor karena kondisi fisikku yang sangat buruk. Ternyata pihak lion singapore mengatakan bahwa tiket tersebut masih bisa di urus di indonesia dan valid sampai 3 bulan kedepan (mgkn ini maksudnya bisa aku reschedule sampai 3 bulan kedepan dengan menambah biaya fee). Akan tetapi karena penerbangan hari minggu maka sebaiknya di proses sebelum hari minggu. Dan karena tiket dibeli oleh pihak travel agent, maka pengurusan pun harus melalui travel agent.

Aku terbiasa mengurus segala macam tiket sendiri sehingga lupa bahwa fungsi travel agent adalah mengurusi segala macam kepentingan kita. Minggu pagi pihak travel agent akhirnya aku telepon, dan mereka bisa mengurusi refund tiket lion ku sebesar 20% dari harga tiket dan waktunya sekitar 1-2 bulan. Mau tidak mau aku mengiyakan daripada tiket tersebut dianggap hangus. Setelah baca ketentuan refund dan cancel dari lion di web ternyata refund memang sebesar 20% jika di cancel mendekati jam penerbangan yaitu 48 jam sebelum keberangkatan. Sementara jika cancel dilakukan diatas 48 jam sebelum keberangkatan maka masih akan mendapatkan refund sebesar 50% atau bisa saja hanya di potong administrasi sebesar 150ribu.

Ini sumber web yang saya baca :

http://www.tiketips.com/search/label/Rebook%20dan%20Refund?max-results=4

Isinya cukup menarik dan memberikan banyak informasi. Mereka juga menjelaskan proses travel agent dalam mengembalikan refund

Leave a Reply

