Proses pembuatan E-Passport kantor imigrasi kelas I surabaya

Standard

halooo.. hari ini saya bakal nulis ttg proses pembuatan paspor elektronik atau e-passport di surabaya, khususnya di kantor imigrasi kelas I surabaya. Kalau saya sebenarnya perpanjangan paspor dr paspor biasa ke e-passport. 

First thing yg harus di siapin adalah :

1.KTP (bawa asli dan Ktp di fotokopi di kertas ukuran A4 diperbesar dan jangan di potong. Kalo g mau repot bisa fotokopi di kantor imigrasi aja)

2. AKTA LAHIR (bawa asli dan fotokopi di kertas A4)

3. KARTU KELUARGA (bawa asli dan fotokopinya di kertas A4. Kalo tulisannya tampak kecil sebaiknya diperbesar sehingga lebih jelas)

4. Paspor lama (bawa asli dan fotokopi di bagian depan dan bagian belakang di kertas A4)

5.Bolpoin

6.Materai 6000

Setelah semua siap, berangkatlah ke kantor imigrasi pagi-pagi hari. Waktu itu saya datang jam 8 pagi. Kemudian langsung masuk ke kantor imigrasi.

Setelah pintu masuk, disebelah kiri akan ada petugas imigrasi yg memberikan no antrian dan formulir yg harus di isi. Sampaikan tujuan anda dengan jelas kepada petugas. Kalau perpanjangan paspor spt aku, jgn lupa meminta surat permohonan agar paspor lama dikembalikan.

Setelah mendapat formulir dan no antrian, isi semua formulir dan ditanda tangani. Tunggu sampai antrian dipanggil.

Setelah dipanggil, berikan semua berkas2 dan formulir yg sudah di isi kepada petugas di loket. JANGAN LUPA KATAKAN, ANDA MEMINTA UNTUK MEMBUAT E PASSPORT. Karena tidak semua petugas menawarkan e passport. Mereka menganggap semua orang mengurus paspor biasa. Harga e passport 655.000. Akan tetapi pembayaran dilakukan setelah foto dan sidik jari. Kemudian petugas akan memberikan lembar bukti pembayaran sekaligus pengambilan yg harus dibayar di bank BNI. Saya sih lebih milih ke teller langsung, meskipun akan kena biaya administrasi sebesar 5000 rupiah.

Jika sudah melakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran bni dan bukti pengambilan utk mengambil paspor anda nantinya. Setelah sekitar 10 hari kerja, anda akan di sms jika paspor sudah dapat diambil.

Ketika memgambil paspor, anda tinggal memberikan bukti pembayaran dan pengambilan di loket pengambilan. Utk pengambilan boleh diwakilkan oleh orang yang memiliki alamat ktp yg sama dengan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s